Rabu, 16 Desember 2009

pengertian pendekatan inkuiri

Pendekatan Inkuiri


1.Pengertian Pendekatan Inkuiri
Pendekatan Inkuiri adalah suatu strategi pembelajaran dimana guru dan murid mempelajari peristiwa-peristiwa ilmiah dengan pendekatan yang dipakai oleh ilmuwan. Arti inkuiri adalah proses penemuan dan penyelidikan masalah-masalah, menyusun hipotesa, merencanakan eksperimen, mengumpulkan data, dan menarik kesimpulan tentang hasil pemecahan masalah.
Menurut Webster’s New Collegiate Dictionay kata inkuiri (inquiry) berarti pertanyaan atau penyelidikan. Piaget memberikan definisi pendekatan inkuiri sebagai pendidikan yang mempersiapkan situasi bagi anak untuk melakukan eksperimen sendiri. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan mencari sendiri jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan.
Kuslan dan Stone (dalam Dahar dan Liliasari, 1986) mendefinisikan pendekatan inkuiri sebagai pengajaran dimana guru dan murid-murid mempelajari peristiwa-peristiwa ilmiah dengan pendekatan dan jiwa para ilmuwan.
2.Tujuan Penggunaan Pendekatan Inkuiri
Adapun tujuan pendekatan inkuiri yaitu:
a.Meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam menemukan dan memproses bahan pelajarannya.
b.Mengurangi ketergantungan peserta didik pada guru untuk mendapatkan pengalaman belajarnya.
c.Melatih peserta didik menggali dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang tiada habisnya.
d.Memberi pengalaman belajar seumur hidup
Alasan penggunaan pendekatan inkuiri, yaitu:
1)Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan yang pesat.
2)Belajar tidak hanya dapat diperoleh dari sekolah tetapi juga lingkungan sekitar.
3)Melatih peserta didik untuk memiliki kesadaran sendiri kebutuhan belajarnya.
4)Penanaman kebiasaan untuk belajar berlangsung seumur hidup.
3.Karakteristik Pendekatan Inkuiri
Secara operasional pendekatan inkuiri mempunyai karakteristik:
a.Diawali dengan pengamatan dan berkembang untuk memahami konsep atau fenomena.
b.Membuat pertanyaan atau menentukan masalah dari hasil pengamatan.
c.Suatu masalah ditemukan lalu dipersempit hingga terlihat kemungkinan masalah itu dapat dipecahkan oleh murid.
d.Proses pembelajaran berpusat pada pertanyaan-pertanyaan”mengapa”, ”bagaimana kita mengetahui”, dan ”betulkah kesimpulan ini”?
e.Jawaban-jawaban yang dicari tidak diketahui lebih dulu dan tidak ada dalam buku pelajaran. Bubu-buku petunjuk yang dipilih berisi pertanyaan-pertanyaan dan saran. Saran untuk menentukan jawaban bukan memberi jawaban.
f.Murid-murid bersemangat sekali untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka sendiri.
g.Murid-murid mengusulkan cara-cara pengumpulan data, melakukan eksperimen, melakukan pengamatan, membaca, dan menggunakan sumber-sumber lain.
h.Semua usul dinilai bersama, bila mungkin ditentukan asumsi-asumsi, keterlibatan, dan kesulitan-kesulitan.
i.Murid-murid melakukan penelitian secara individu atau kelompok, untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk menguji hipotesa.
j.Murid mengolah data, membuat kesimpulan, memberikan penjelasan.
k.Mengembangkan dan menggunakan keterampilan berpikir kritis.
4.Siklus Pendekatan Inkuiri









Berikut merupakan penjelasan dari siklus pembelajaran pendekatan inkuiri:
a.Mengamati
Kegiatan mengamati objek-objek dan fenomena alam sekitar melalui pancaindera: penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasa atau pengecap. Informasi yang diperoleh dapat menuntun keinginan tahu, mempertanyakan, memikirkan, melakukan intepretasi tentang lingkungan, dan meneliti lebih lanjut.
b.Bertanya
Kegiatan dimana siswa mempunyai rasa keingintahuan yang mendalam yang diwujudkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang dipelajari.
c.Hipotesis
Kegiatan siswa memberikan jawaban sementara atas pertanyaan yang telah dibuat.
d.Mengumpulkan data
Kegiatan mencari informasi berupa data dari bahan atau materi yang diteliti atau dipelajari. Mengumpulkan data bisa melalui kegiatan observasi, misalnya membaca buku untuk memperoleh informasi pendukung.
e.Menganalisis data
Mengolah data dan menyajikan data tertentu untuk memperoleh suatu kesimpulan. Analisis data pada penyajiannya dapat berupa tulisan, gambar, laporan, tabel, dan karya lainnya.
f.Menarik kesimpulan
Peringkasan atau hasil akhir dari proses analisis data.